Faktor Yang mempengaruhi Banyak Sedikitnya Kebutuhan

1.Lingkungan termasuk salah satu faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia. Kebutuhan masyarakat yang mendiami sebuah pesisir berbeda dengan masyarakat yang mendiami pegunungan, penduduk pesisir membutuhkan jaring, perahu, dan pancing agar dapat menangkap ikan di laut. Sedangkan penduduk pegunungan lebih membutuhkan cangkul, benih tanaman, dan pupuk untuk bercocok tanam.

2.mode (gaya hidup)

gaya hidupsetiap orang yang berbeda-beda juga menentukan kebutuhan orang tersebut. Gaya hidup yang sederhana akan sangat berbeda tingkat kebutuhannya dengan gaya hidup mewah, orang yang gaya hidupnya sederhana lebih cenderung kebutuhannya lebih sedikit jika dibandingkan dengan orang yang gaya hidupnya mewah. Begitu pula dengan orang desa yang gaya hidupnya juga berbeda jauh dengan orang kota sehingga tingkat kebutuhannya juga berbeda.

3. Peradaban (budaya)

peradaban adalah satu faktor yang membuat kubutuhan tiap zaman berbeda. Kebutuhan manusia pada zaman dahulu hanya tertuju pada kebutuhan primer, misal nenek moyang berpakaian memakai kulit kayu dan daun-daunan, makan pun cukup ubi-ubian. Seiring perkembangan peradaban semakin berkembang pula jenis kebutuhan, manusia membutuhkan makanan lain yang bervariasi dan pakaian terbuat dari bahan yang bagus. 

4.adat istiadat
  
adat istiadat juga mempengaruhi perbedaan kebutuhan setiap individu/kelompok. Pria jawa memiliki tradisi untuk menggunakan blangkon, sedangkan pria di daerah lain tidak.

 

5.agama 

agama termasuk salah satu faktor yang membuat kebutuhan setiap individu berbeda, misalnya penganut agama islam membutuhkan sajadah untuk salat dan dilarang mengonsumsi daging babi, sedangkan penganut agama hindu membutuhkan sesajen dalam upacara keagamaan dan dilarang mengonsumsi daging sapi. Selain itu dalam hal perayaan keagamaan, masing-masing agama atau kepercayaan berbeda-beda, sehingga kebutuhan akan barang juga berbeda. Misalnya pada saat menjelang hari raya idul fitri, kebutuhan akan pakaian muslim akan meningkat tajam. Berbeda halnya ketika hari raya natal tiba, orang-orang nasrani membutuhkan pohon natal dan bingkisan-bingkisan natal. Dengan demikian masing-masing agama/kepercayaan mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda. 

 

6.mata pencaharian

mata pencaharian juga memiliki peranan yang penting dalam menentukan tingkat kebutuhan manusia. Mata pencaharian yang beraneka ragam menyebabkan penghasilan yang didapatkan juga beraneka ragam besarnya sesuai dengan pekerjaan yang dilakukakan, sedangkan kebutuhan manusia juga dipengaruhi oleh penghasilan sehingga apabila mata pencaharian dapat menghasilkan penghasilan yang tinggi maka kebutuhannya juga semakin banyak begitu pula sebaliknya. Contoh mata pencaharian : petani, nelayan, dsb.

7.pendapatan

orang yang punya gaji dan tunjangan besar dia dapat membeli banyak barang yang dia inginkan, tetapi jika pendapatannya rendah maka seseorang mungkin akan menghemat pemakaian barang yang dibelinya agar jarang dibeli.

8.harga barang

 

Orang yang punya gaji dan tunjangan besar dia dapat membeli banyak barang yang dia inginkan, tetapi jika pendapatannya rendah maka seseorang mungkin akan menghemat pemakaian barang yang dibelinya agar jarang dibeli.

9.barang pengganti

 

Adanya barang pengganti (subsitusi) dari suatu barang/jasa dapat mempengaruhi tingkat kebutuhan manusia, kemudian berpengaruh juga pada harga barang tersebut. Munculnya barang pengganti yang lebih murah, kemungkinan besar akan mendorong sebagian besar konsumen untuk memilih barang pengganti tersebut dibandingkan dengan barang lainnya sehingga menyebabkan tingkat kebutuhan menjadi bertambah.

 

 

Posted on September 29, 2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: